Konten Clickbait: Apakah Baik atau Buruk?

Konten Clickbait: Apakah Baik atau Buruk?



Selamat datang di debat clickbait.
Dikreditkan ke Jay Geiger, yang pertama kali menulis tentang hal itu pada tahun 2006 , istilah "clickbait" mendapat tempat di The Oxford English Dictionary pada tahun 2016 dengan definisi ini:
"(Di Internet) konten yang tujuan utamanya adalah menarik perhatian dan mendorong pengunjung untuk mengklik tautan ke halaman web tertentu."
Diambil untuk makna denotatifnya, clickbait melakukan apa yang semua pemasar konten inginkan - itu membujuk audiens untuk mengklik pada judul dan mengkonsumsi konten mereka.
Jadi mengapa clickbait muncul di daftar, termasuk Facebook , kesalahan pemasaran konten atau praktik yang harus dihindari ?
David Ambrogio, ahli strategi SEO dan konten di Optimisme Online, menawarkan definisi yang menyentuh arti kata clickbait bagi banyak orang - "konten apa pun dengan tajuk sensasional yang digunakan untuk mendorong klik atau mendorong pendapatan iklan."
Masalah dengan clickbait, kata Gregory Golinski, kepala pemasaran digital di YourParkingSpace.co.uk, adalah bahwa ini adalah kesepakatan sepihak dengan audiens Anda. “Clickbait menipu orang untuk mengkonsumsi konten Anda dengan membuat mereka percaya itu akan lebih baik daripada apa sebenarnya. Anda mengambil sesuatu dari audiens Anda tanpa memenuhi bagian Anda dari kesepakatan: membuat konten yang bermanfaat dan berkualitas. "

Tetapi clickbait tidak harus hidup dengan konotasi negatif, kata orang lain.

Bisakah clickbait bagus?

"Clickbait tidak selalu buruk," kata Andrew Selepak, seorang profesor di University of Florida. "Walaupun kami sering melihat clickbait secara negatif karena dikaitkan dengan berita palsu dan penjaja online, jika perusahaan Anda memiliki produk padat yang benar-benar dapat membantu konsumen, membuat orang ke situs Anda dengan cara apa pun bukan hal buruk."
Dia menawarkan label “Pertunjukan Hebat di Bumi” dari PT. mereka melihat itu menghibur. "

PT Barnum tahu betul bahwa itu adalah bisnis yang baik untuk memastikan pelanggan mendapatkan apa yang mereka harapkan. Seperti yang ia tulis dalam The Art of Money Getting pada 1880:
Anda dapat mengiklankan artikel palsu dan mendorong banyak orang untuk menelepon dan membelinya sekali, tetapi mereka akan mencela Anda sebagai penipu dan penipu, dan bisnis Anda secara bertahap akan mati dan membuat Anda miskin.
Artikel palsu untuk menarik pelanggan? Itulah konten clickbait abad ke -19 (dan kemungkinan sejak ditemukannya mesin cetak).

Clickbait menciptakan celah rasa ingin tahu

Patsy Nearkhou dari Talkative UK menawarkan dua kategori judul clickbait - spektakuler dan misterius.
Judul yang spektakuler adalah: Pemasar Mencoba 6 Hacks Influencer Gila ini ... Anda Tidak Akan Percaya Hasilnya! Sebagaimana Patsy jelaskan, tajuk utama dibumbui dengan pernyataan muluk, langsung ditujukan kepada pembaca, dan berisi beberapa superlatif.
Judul yang misterius mungkin adalah: Satu Kata yang Saya Janjikan untuk Berhenti Menggunakan pada tahun 2018. Itu tidak lucu tapi sengaja dibuat ambigu.
"Tema berkelanjutan di semua judul clickbait adalah bahwa mereka menarik keingintahuan pembaca ... mereka menarik untuk proses psikologis yang sama," kata Patsy. "Mereka bekerja karena manusia secara alami adalah makhluk yang ingin tahu sehingga tidak relevan apakah mereka menggunakan taktik muluk atau halus."
Neil Patel percaya clickbait mendapat rap buruk. "Ketika dilakukan dengan benar, itu adalah salah satu cara terbaik untuk membuat orang memperhatikan dan memberi Anda aset mereka yang paling berharga: perhatian," tulisnya .
Steve Kurniawan, spesialis konten dan ahli strategi pertumbuhan di Nine Peaks Media, setuju. “Manusia pada dasarnya penasaran, terutama untuk topik yang sudah kami minati,” katanya. “Kunci untuk judul clickbait yang sukses adalah pemahaman yang tepat tentang audiens Anda - perilaku, kebutuhan, masalah, hal-hal yang mereka sukai, dan sebagainya.
"Maka Anda dapat memberikan judul clickbait untuk mengatasi perilaku atau kebutuhan ini."

Apakah klik tujuannya?

Pemasar dan pembuat konten yang ingin menghindari konten tipe clickbait harus mencoba memberikan semua informasi penting dalam tajuk utama atau ringkasan, kata John Sammon, CEO Pemasaran Kota Keenam. "Seseorang dapat membacanya dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus mengklik artikel atau terus membaca."
Sarannya bekerja dengan baik untuk merek yang ingin menjadi sumber daya ahli atau kontennya menjadi cuplikan fitur di halaman hasil pencarian Google. Tetapi bagaimana jika tujuannya adalah untuk membuat orang mengunjungi situs web Anda (yaitu, klik), apa yang dapat Anda lakukan?
Neil telah menunjuk sebuah studi akademis dari 69.907 tajuk artikel berita yang mengungkapkan bahwa tajuk paling kuat - yang mendapat klik paling banyak - mempolarisasi .
Eman Zabi, copywriter dan ahli strategi merek di The Scribesmith, mengatakan triknya adalah menulis headline pembunuh dengan hook dan menindaklanjuti dengan artikel yang sama bagusnya. Dia menyarankan untuk menulis setidaknya 10 tajuk utama dan kemudian memilih yang terbaik. Jika Anda mandek, gunakan formula judul. Jalankan mereka melalui CoSchedule Headline Analyzer untuk mempersempit ke yang terbaik.
“Jangan takut untuk bersenang-senang dengan tajuk berita. Jelas ketukan pintar, tetapi tidak ada alasan Anda tidak bisa melakukan keduanya, ”katanya.
Angelo Frisina, CEO Sunlight Media, mencatat bagaimana BuzzFeed dengan cepat tumbuh menjadi situs 50 besar di Amerika Serikat sebagian besar karena berita utama yang cerdas dan menarik perhatian. "Beberapa akan mengklasifikasikan itu sebagai clickbait, saya katakan itu mengoptimalkan judul untuk tingkat klik-tayang tinggi," katanya.
Angelo menawarkan beberapa tajuk BuzzFeed untuk pemasar gunakan untuk konten mereka sendiri:
  • 25 ___ Itu Akan Mengubah Cara Anda ___
  • Saya mencoba ___. Dan bahkan saya terkejut dengan apa yang terjadi selanjutnya
  • Ini ___ Membuat ___ 10x Lebih Baik
  • Here Are 11 ___ That ____. Dan Mereka Didukung oleh Sains
  • Gunakan 20 Hacks Sederhana ini untuk Lebih Banyak ____. # 5 Mengagumkan
  • Ketika Anda Belajar Tentang ___ Anda Tidak Akan Pernah ____ Lagi
"Kemampuan untuk menggunakannya secara kreatif dan efektif adalah kunci keberhasilan," katanya dengan nada peringatan. "Terlalu sering menggunakan sedikit hasil positif."

Mengapa clickbait tidak akan (dan mungkin tidak boleh) hilang

Derek Gleason, pemimpin konten CXL, mengatakan platform konten seperti Google, YouTube, dan Facebook disiapkan untuk mendorong tajuk jenis clickbait

Pikirkan tentang halaman pencarian. Pemasar ingin tajuk berita mereka menonjol di kerumunan untuk mendorong pencari mengklik dan terhubung dengan konten mereka. Tetapi Anda tidak harus menerapkan praktik sensasional untuk mendapatkan hasil ini.
Misalnya, jika Anda membuat panduan industri, judul label langsung mungkin tidak cukup untuk diperhatikan. “Anda mungkin perlu mulai memasukkan kata-kata seperti 'pamungkas' ke dalam judul Anda sehingga tautan Anda tampaknya lebih baik daripada yang menawarkan 'panduan sederhana',” kata Derek

Pencari juga cenderung mengklik informasi terkini yang tersedia. Derek menawarkan contoh artikel hipotetis yang disebut Blogging Best Practices pada 2013. Setiap tahun berikutnya, Anda memperbarui beberapa tautan dan tangkapan layar di pos dan mengubah tanggal di tajuk utama.
"Perubahan judul menunjukkan perubahan yang lebih dramatis dalam nilai konten daripada apa yang sebenarnya ada," kata Derek. "Satu-satunya alasan (untuk memasukkan) tanggal sama sekali adalah (Anda) berpikir itu akan meningkatkan rasio klik-tayang."
Platform konten bukan satu-satunya yang menghargai clickbait. Merek yang mengukur keberhasilan konten dengan klik dan berbagi memperburuk penggunaannya.  Ini adalah sistem insentif sesat yang tidak peduli apakah clickbait mencapai tujuan perusahaan jangka panjang. Dengan kata lain, itu 'bekerja' di wilayah kecil mereka, ”kata Derek.
“Clickbait memiliki satu motivasi - untuk membujuk pengguna mengklik tautan / video dengan menggunakan tajuk dan gambar mini yang sangat menarik, kata Matt Slaymaker dari Folsom Creative. "Clickbait yang bagus adalah ketika thumbnail dan headline Anda provokatif dan memikat, namun tetap pada konten artikel atau video."
Dia menawarkan contoh sensasi YouTube Mike Korzenmba yang menghasilkan beberapa video terkait NBA setiap minggu untuk 1,3 juta pelanggannya. Yang satu ini, 7 Cerita untuk Membuktikan Michael Jordon BUKAN Manusia, telah menghasilkan 8 juta tampilan dan yang menarik, banyak komentar tentang bagaimana itu "saluran YouTube yang paling clickbaity yang bukan clickbait"

Itu bermuara pada satu hal

Di mana pun Anda berada dalam debat clickbait, kami semua kemungkinan dapat menyetujui prinsip yang dihasilkan: Buat umpan - berita utama yang hebat dan akurat yang menarik orang untuk mengklik - dan, ketika mereka mengklik, jangan mengecewakan mereka - miliki konten yang memenuhi janji.
Dan itulah yang saya sebut clickworthy. Bagaimana dengan kamu

0 Response to Konten Clickbait: Apakah Baik atau Buruk?

Posting Komentar